Minggu, 27 Januari 2013

Trilogy 3265 mdpl :: Abu-Abu Hargo Dumilah ! (Part 2)



Aku belajar dari apa yang aku alami.. Aku mencerna semua proses yang aku lihat.. Aku berusaha menjadikan mereka semua sahabat dalam setiap perjalananku.. Ketika aku melihat sebuah kenyataan dan aku menghadapinya.. Aku mencoba pada satu hal yang aku pelajari dari setiap proses yang pernah aku lewati.. Tenang dan tersenyumlah ham !..


Ini adalah bagian kedua dari kelanjutan cerita di Part 1.. Untuk mengingat kembali part 1 aku mencoba menabarkan 1 kalimat akhir di part 1.. Kira-kira seperti ini kalimatnya :: “Baiklah pikiranku ga jelek terhadap mereka tapi ini jadi pelajaran tersendiri karena nesting pada akhirnya ga kembali dan kita ga menemukan mereka selama di Mbok Yem dan trek turun nanti.. Seharusnya aku menunggu mereka masak airnya baru kami semua melanjutkan perjalanan.. :(“
Berdasarkan informasi dari Tya bahwa trek ke Pos 4 dan ke Pos 5 adalah trek tersulit dan terjal.. Okech mari kita lanjutkan perjalanan.. Baru jalan sebentar hujan pun turun dan kami berhenti untuk memakai Raincoat kami masing-masing.. Formasi kami juga berubah.. Urutannya Tya, Ari, Mifta, Chris, Ario dan aku paling belakang berusaha untuk menjaga mereka semua karena trek tangganya yang cukup terjal dan kondisi Badai !.. Sampai di Pos 4 beberapa kali Tya berhenti dan nengok ke belakang dan ga yakin atau ragu untuk meneruskan perjalanan “Bang.. Gimana bang ??.. Diatas badainya kenceng banget bang..” beberapa kali Tya selalu bilang gitu.. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk tetap jalan dengan langkah yang pendek setiap orang.. Ari aku taro paling depan dan diikuti Tya, Mifta, Chris, Ario serta aku dibelakang mereka semua.. Kami terus melangkah pelan hingga sampai pada Pos 5.. Tidak ada istirahat karena banyak bonus trek dilangkah selanjutnya menurut info dari Tya.. Namun ketika kami melihat sebuah pelawangan menuju Sindang Derajat.. SUBHANALLAH ! Angin dan kabutnya berusaha keras menghempas pohon-pohon cantigi yang pendek-pendek dan jarang.. Sehingga akan membuat tubuh kita semua harus menahan hempasan angin dan kabut itu.. Beberapa pohon Cantigi melindungi kami dari Badai yang dahsyat !.. Ini seperti di dunia fantasi !.. Aku serius.. KEREN BANGET !.. Setengah perjalanan di pelawangan kami berhenti di balik Cantigi yang pendek dan bertemu dengan pendaki dari kebumen sekitar 15 orang yang juga sedang berlindung dibalik Cantigi.. Aku berjalan ke barisan paling depan dan nemuin Tya disana.. Tya Cuma bilang saat itu “Gimana Bang ??.. Lanjutin aja yuk bang.. abis ini ada tebing bang.. ga ada pelawangan lagi..” Jujur saat itu aku bingung sangat bingung sebingungnya.. Aku merasa membawa tanggungjawab terhadap 5 nyawa manusia dari stasiun Pasar Senen.. Kalau aku berhenti itu tidak mungkin karena itu adalah pelawangan yang kanan dan kirinya parit terjal dan tinggi.. Ga mungkin membangun tenda disitu dengan kondisi cuaca seperti itu sedangkan waktu sudah menunjukan waktu 17.30 WIB.. Berhenti disitu sama sajah aku ga peduli sama mereka yang mulai lelah menahan Badai.. Akhirnya aku bilang ke Tya “Lanjutkan Ty.. Tapi lu pegang gw dan Mifta pegang Ari.. Chris pegang Ario.. Kita jalan bungkuk buat nahan beban badan kita kebawah Ty..” Setelah check yang lain sudah siap.. Kami berjalan pelan di pelawangan menahan Badai yang dahsyat !.. Sampailah kami di tepian tebing untuk berlindung dari Badai.. Alhamdulillah pendaki Kebumen juga pada mengikuti kami.. Aku bilang ke mereka para pendaki kebumen “Silahkan mas kalo mau duluan.. udah ga ada pelawangan lagi mas..” kata salah satu dari mereka “Bareng aja mas.. mau camp di Mbok Yem juga kan mas ?”.. Lalu aku jawab “Iya mas.. Yaudah kita lanjut aja ya.. takut gelap malah susah mas..” Mereka para pendaki kebumen setuju dan kami melanjutkan perjalanan ke Mbok Yem..
Kini aku di depan diikuti Tya, Mifta dan Ari serta para pendaki Kebumen melintasi tepian tebing dan menemukan warung di Sindang Derajat tapi tutup dan disitu ada 1 tenda pendaki yang camp dalam go’a.. -_-“ Aku pikir itu warung Mbok Yem ternyata kata Tya masih sekitar 15 menit lagi.. Okech kita lanjutkan mumpung masih terang.. Ario dan Chris kemana ??.. Ternyata mereka di paling belakang barisan.. Sempet aku mendengar teriakan Ario yang kecil dan teriakan Chris.. Aku pikir mereka teriak karena Aku terlalu cepat jalannya.. Sampai akhirnya Tya bingung menentukan jalur ke Mbok Yem.. -_- padahal baru 2 bulan kesana tapi udah lupa.. Tya panik sepertinya.. Aku berusaha menenangkan suasana walaupun sebenernya panik juga karena para pendaki Kebumen juga mengarah ke kita untuk sampai ke Mbok Yem.. Yang ternyata mereka belom pernah melewati Cemoro Sewu.. Pernahnya melewati jalur Cemoro Kandang.. Okechlah waktunya kita berpikir dan segera menentukan ada dimana Mbok Yem.. Setelah Tya yakin dengan jalurnya.. Aku nyuruh dia jalan duluan bersama yang lain.. Sedangkan aku masih kepikiran Ario dan Chris yang ketinggalan di belakang..
Setelah melihat Ario dan Chris.. Mukanya Ario pucet dan Chris bilang ke aku “Ario drop ham !”.. Bah ! disitu aku merasa bersalah meninggalkan mereka.. Aku pikir Ario manggil karena langkahku yang terlalu cepat ternyata Ario drop.. Aku bergerak paling belakang dan Ario aku suruh didepanku.. Chris memegang tanganku dengan sangat kencang.. Entah apa yang dia rasakan ketika waktu sudah mulai memasuki pukul 18.30 WIB dan sudah mulai gelap juga.. Kami ber-3 jalan mengejar Tya, Mifta, Ari dan para pendaki Kebumen.. Ga lama sampailah kami di Hargo Dalem tempat Mbok Yem dan warungnya yang juga TUTUP ! ALHAMDULILLAH.. Mbok Yem belum beruntung ketemu aku dan ILALANG.. -_-“
Segera Tya mencari tempat camp disebelah warung Mbok Yem.. Dan kami menggelar tenda disana dengan keadaan Badai dan Angin kencang serta suhu rendah.. Yang drop tambah drop dah !.. Ario mulai membongkar tenda kuning yang dibawa didalam carriernya.. Aku masih mengeluarkan neskom dan memasang gas untuk Mifta masak.. Setelah itu aku membantu Ario membangun tenda kuning punya Bang Golok dan Bang Hendrik yang kami pinjam.. Ari ternyata sudah drop juga itu terlihat ketika aku ajak ngobrol dia ga nyambung karena kedinginan dan kelelahan.. Aku ga bisa memaksa mereka sudah drop.. Yang ada dalam pikiranku saat itu bagaimana aku harus segera membangunkan tenda untuk mereka semua.. Aku berusaha menyusun sisa tenda yang sudah dibangun Ario dan membangun tenda orangeku sendiri.. Tya juga ternyata drop.. Dia masuk duluan ke tenda kuning dan istirahat.. Tinggal aku, Mifta dan Chris yang masih bertahan untuk menjaga mereka.. Mifta masih masak air dan nasi dibelakang tenda orange.. Chris membantu Mifta.. Ario dan Ari menghangatkan diri didalam tenda orange dan Tya di tenda kuning.. Aku masih memasang tali flysheet tenda untuk memperkuat tenda walaupun kena angin..
Hujan mulai turun dan masak nasipun kami hentikan karena kami ga mempunyai dapur untuk memasak nasi saat hujan.. Akhirnya kami putuskan untuk tidur dalam 1 tenda dalam tenda kuning.. Sedangkan tenda orange khusus buat logistik dan gear kami.. CATATAN : Tujuan 1 tenda semata-mata hanya untuk menjaga kondisi kami karena akan lebih hangat didalam tenda jika ber-6.. Dan kami tidak pernah berpikir apapun apalagi berbuat apapun yang dilarang oleh AGAMA kami.. 0:)
Tidurlah kami dengan posisi 3 Srikandi disisi Barat dan 3 Arjuna disisi Timur.. Lagi nyenyak tidur banyak aja gangguan.. -_-“ Kayak Mifta yang mau pipis minta dianterin pula.. Yang pada akhirnya katanya dia tanya sajah sama orangnya sendiri.. Hahahahahahahaha :D Terus Chris yang gelisah -_-“ Tanya juga sama orangnya sendiri.. :D Dan yang sangat HEBAT adalah ketika tenda kuning berubah menjadi kolam berenang.. -_-“ itu keren banget coy ! *Fiuh.. Lepek dan kuyup semua badan ku, baju, jaket, celana, kolor serta sleepingbag.. Mantafbh ! Yang lain juga sama keadaannya.. Anehnya anak-anak masih pada betah molor.. Hahahahahahahahaha :D begitu juga aku yang sebenarnya sudah sangat males gerak.. Yaudah lanjutin aja tidur dan nikmatinlah air genangan-genangan air dalam tenda.. Kapan lagi begini.. -_-“
Pagi ! dan kita masih pada males gerak dari tenda kuning.. Hahahahaha :D Ajaib !.. Tya sih sempet bangunin aku jam 5 pagi.. Kata Tya “Bang.. Bang.. Jam 5 bang.. Kita ga muncak ??..” Percaya tidak percaya cuaca masih Badai sampai pagi itu !.. -_-“ Aku Cuma jawab pertanyaan tya dengan malesnya “Iya muncak.. nanti aja ty..” Solanya memang masih Badai diluar.. Hahahahahahaha :D.. Selang sejam kemudian aku kebelet pipis terpaksa harus melawan rasa males keluar tenda.. Mau ga mau aku keluar tenda dan cari tempat buat pipis.. -_-“ Dingin coy ! ciussss dah ! Badan kuyup kena angin kenceng dan kabut di Hargo Dalem itu sensasinya WEAW ! Brrrrrrrrrrrrrrr !.. -_-“
Sehabis pipis aku malah masuk ke tenda orange.. Dan kalian tau ??.. Tenda orange sama sekali ga kebanjiran.. -_-“ Kering ! Setelah aku tahu ternyata kami membangun tenda kuning diatas aliran air.. yang mengalir dari tebing ketika hujan malemnya.. Dahsyat ! Dahsyat bodohnya karena udah skip semua saat itu.. hahahahahahahaha :D -_-“ Sudahlah.. Malam sudah berlalu dan kebanjiranpun sudah terlewati.. Seluruh tubuhku yang basah cepet juga keringnya kena angin yang kencang di Hargo dalem.. Aku sempet tidur sejenak di tenda orange setelah pipis tadi.. Tapi lagi-lagi dan lagi Mifta berisik minta diambilin seluruh logistik dan neskom untuk masak didalam tenda kuning.. Tapi aku cuekin soalnya masih ngantuk dan males gerak.. Hahahahahahahahaha maap Ta ini lebih penting.. Molor ditempat kering itu bagaikan mimpi yang terwujud !.. Ga lama aku molor disana Mifta masuk tenda orange dan bilang mau masak disini aja.. -_-“ Baiklah demi kepentingan bersama dan Mifta lagi pengen masak akhirnya aku ngalah duduk dipojokan tenda.. Banyak deh yang masuk setelah Mifta.. -_-“ Tya dan Chris.. Okech mari kita masak-masak.. *Hoammm..

Makanan kami !
 Ini namanya ceria.. Banyakan ketawa dan bercandanya.. -_-“ Alhasil masakan jadi.. Jeng jeeenggg !.. ASIN Semua !.. -_-“ Masak ikan asin dibalur telur kocok.. Tumis Mie rebus asin.. Tumis Rebon Asin.. Dan Soto asin.. Dahsyat !.. Kalian luar biasaaaa Srikandi ! -_-“ Tapi tetep dimakan.. Hahahahahahaha :D laper coy !.. Selesai makan sekitar jam 08.30 sesuai dengan jam ku kita prepare ke Hargo Dumilah dengan kondisi masih Badai.. -_-“ ALHAMDU..LILLAH !.. Kata Tya ke Hargo Dumillah sebentar dan ketutup pohon Cantigi sepanjang trek.. Okechlah kita lanjutkan !.. Cemunguuudddhhhhh kakaaa !..
Kiclik kiclik kiclik setapak demi setapak kami menembus Badai !.. Kerenlah ada videonya kok kalo pendakian ke Summit.. Lihat sendiri aja nanti.. :D Hahahaha.. And than ALHAMDULILLAH SUBHANALLAH inilah HARGO DUMILLAH keren banget.. Abu-abu semua.. -_-“ ! Sejauh mata memandang tetap Abu-abu.. Yes ! Kabut dan Badainya dahsyat !.. Alhamdulillah kami semua dapat mengenal 3265 mdpl dengan perjuangan yang cukup menguras mental dan energi.. Allah terimakasih banyak sebanyak-banyaknya untuk perjalanan ini.. Kami mendapatkan banyak pengalaman yang jauh lebih berharga dari apa yang kami pikirkan sebelumnya.. Semua senang dan kami memvideokan Hargo Dumillah serta mengabadikan dalam bentuk gambar tak bergerak alias putu putu coy !.. :D Hahahahahahahaha..
Oia sebelumnya aku punya kejutan untuk Tya untuk ulang tahunnya.. Sebuah bendera Ilalang warna orange yang dia inginkan.. Tapi ga surprise soalnya Tya ga baca tulisan di benderanya.. -_-“ Gagal surprise.. Yaudah aku suruh baca aja daripada dia ga tau kan.. -_-“ Tapi ada kejutan lainnya dari Ario.. Kita dimodalin 1 orang 1 kaleng Cola buat guyur Tya di Hargo Dumillah ! Dahsyat ! lengket-lengket dah tuh !.. Hahahahahahahaha :D CELEBRATE ! konyolnya saat guyur Tya.. Colanya Mifta malah ga kebuka.. Bah ! -_-“ patah lagi pembuka kalengnya.. ckckckckckck.. Tapi asedaaaapppp menikmati Cola di puncak itu WEAW ! Brrrrrrrrrrrrr !..

Abu-abu Hargo Dumilah !
Turunlah kami dari Hargo Dumillah kembali ke Hargo Dalem untuk packing turun.. 3 Srikandi turun duluan sedangkan 3 Arjuna masih berusaha menyalakan Jancok (Jarum Cokelat) di Hargo Dumillah.. ckckckckck anginnya coy bikin api susah berkibar.. Oia FYI : Ari bukan perokok jadi ga ngerokok.. Hanya aku dan Ario sajah yang menghisap Jancok.. Turunlah para Arjuna dan sepertinya beda jalur dengan naik.. -_-“ treknya lebih terjal.. Tapi kami lanjutkan terus kebawah sampai akhirnya ketemu tempat camp kami di Hargo Dalem.. Masih bisa sempet-sempetnya kami memvideokan make a wish kami dan kesannya pendakian ke 3265 mdpl ini didepan warung Mbok Yem yang tutup.. -_-“ sekali lagi TUTUP !.. Hahahahahahaha :D gapapa kami dapat membayarnya dengan kepuasan batin yang kami terima dari sebuah perjalanan kami ke MT. LAWU 3265 MDPL !

Ilalang Hargo Dumilah !
 Selesai celoteh tentang sebuah harapan untuk diri sendiri dan menyampaikan kesan pendakian ini di depan warung Mbok Yem yang TUTUP kami segera packing dan bongkar tenda.. 3 Srikandi mulai packing duluan didalam tenda dan 3 Arjuna sibuk mencari kehangatan dengan membangkar spirtus di bawah pohon Cantigi.. Hahahahahahaha :D kenapa aku ketawa karena ada kejadian yang bodoh ketika para 3 Arjuna mulai packing dan 3 Srikandi gantian cari kehangatan dengan spirtus.. Spirtus yang masih di botol tiba-tiba kebakar dan Chris loncat lari-larian.. Hahahahahahahahaha :D saat itu aku mau ketawa lihat Chris tapi keamanan lebih penting.. Jadi kuamankan dulu spirtus yang kebakar dengan siraman air sisa di tenda kuning dengan nesting.. :D Hahahahaha..

Mbok Yem Closing !
Setelah semua hampir selesai packing.. Pendaki kebumen pamit duluan untuk turun.. Kami semua mengatakan “hati-hati ya..” ke mereka dan kami melanjutkan packing yang tersisa.. Waktu sudah menunjukan pukul 11.00 WIB di jam tanganku.. Dan kami siap-siap turun dengan dibekali do’a.. Amin ! Aku mempunyai target turun sampai Cemoro Sewu dari Hargo Dalem.. Target untuk melatih suggest diriku sendiri.. Mencoba tidak membawa minum dan belajar mengontrol rasa haus.. Setelah di Surya Kencana sampai Camp Putri berhasil.. Kali ini aku mencoba dari Hargo Dalem sampai ke Cemoro Sewu.. Ini semua sebenarnya omongan yang aku tangkap dari Bang Eday untuk memanage air tapi diriku sendiri yang ingin mencoba melakukan hal ini.. Kita lihat sajah nanti apakah aku kuat atau tidak.. Kalopun ga kuat ya tinggal minta minum sama yang lain atau sama pendaki lain.. Hahahahahaha :D
Perjalanan turun kami mulai untuk mengejar KA Ekonomi Brantas yang telah kami pesan untuk hari ini pukul 16.50 WIB dari stasiun Solo Jebres.. Bisalah kita kejar jam 14.00 target sampai bawah semua.. Bismillah.. Formasi turun kami tidak berbeda jauh dengan formasi naik kemaren.. Ario masih setia dibelakang bersama Chris.. Tya didepan bersamaku dan diikuti Mifta dan Ari.. Lagi lagi dan lagi harus memeluk badai di pelawangan menuju Pos 5.. Kali ini kami lebih cepat melewatinya karena kami sudah memiliki pengalaman kemarin.. Istilahnya sudah ga terkejut.. Hahahahahahahaha :D
Perjalanan ke Pos 5.. Aku dan Tya menemukan kurang lebih 5 pendaki tapi tidak bawa carrier.. Dan diantara mereka ada 1 anak kecil kira-kira usia 10 tahun dengan semangatnya dia berjalan ke arah Sindang Derajat menembus badai.. Kata Tya “Wah keren.. Tapi hati-hati nih anak kena badai..” lalu kami melanjutkan penurunan sampai di Pos 3 untuk istirahat sejenak..  Trek batu saat turun berasa banget dah ! -_-“ di Mt. Gede aja yang jaraknya kira-kira 3 km aku udah nyeri.. -_-“ disini dari Pos 5 sampai Cemoro Sewu batu semua.. Mamam dah tuh ham ! -_-“


To be continued !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar