Rabu, 03 Oktober 2012

Sempu – Bromo Stories #1 :: "The Struggle of Matarmaja"


Sempu – Bromo Stories #1
-The Struggle of Matarmaja-

Sebuah awal cerita tanpa akhir.. Perjalanan yang berawal dari lapisan dinding tawa dan senyum.. Persahabatan dan Kebahagian – Simpanlah cerita indah ini menjadi suatu bagian dari perjalanan hidup..
 -ilhamsutiawan- (05072012;Camp Sempu - Sunrise Bromo)


“Aku merasa kehilangan ketika aku mengingat mereka disetiap detik senyumannya, merasakan kerinduan yang sangat dalam saat tawa mereka menghiasi cerita-cerita yang kami rasakan bersama. 5 hari yang cukup untuk aku mengenal mereka, 5 hari yang sangat berharga dalam cerita perjalanan hidupku sampai saat ini, 5 hari itu pula aku dapat melepaskan semua masalah-masalah yang ada bersama senyuman mereka. Aku selalu bertanya pada diriku sendiri, bisakah cerita ini kembali terulang ??.. Sampai sekarang aku berusaha untuk mengulanginya dengan cara ku sendiri.”

Nama gw Chairul Ilham Sutiawan, username account gw di media sosial “ilham sutiawan atau @ilhamsutiawan”.. ga ada yang spesial dari gw, mungkin gw termasuk pendatang baru dalam dunia yang membuat gw bisa melawan sebuah keterbatasan untuk dapat melihat, mendengar dan merasakan keindahan Alam yang Tuhan ciptakan.. Sudah beberapa kali di tahun ini gw melakukan Trip ala backpacker, namun itu semua mempunyai sensasi masing-masing. Pada bulan Maret 2012 setelah gw di wisuda, gw bersama 2 orang sahabat SMA gw melakukan perjalan ke Bali dengan tiket promo Air Asia selama 3 hari 2 malam dan menghabiskan budget sekitar 1,5 juta (All include+oleh-oleh), yah mungkin agak sedikit mahal, tapi yasudahlah.. Apapun yang telah terjadi, bukankah lebih baik kita mempelajarinya bukan menyesalinya.. Karena itu merupakan pengalaman.. Baca : http://ilhamsutiawan.blogspot.com/2012/09/petualangan-dewata-2012.html  Perjalanan gw yang kedua di tahun ini ke Pulau tidung, banyak cerita juga tentang gw melakukan solobackpack kesana, tapi gw ga mau membahas itu disini.. Silahkan baca sendiri juga tentang cerita tidung di http://ilhamsutiawan.blogspot.com/2012/09/explore-tidung-island-2012-try-eksplore.html Dan yang ketiga adalah perjalanan gw ke Suku Baduy – Banten bersama orang-orang yang baru gw kenal pada forum www.backpackerindonesia.com  Selanjutnya, perjalanan yang akan menceritakan tentang makna dari kebahagian dan kepuasan diri gw sendiri.. “Camp Sempu – Sunrise Bromo” http://backpackerindonesia.com/trip/camp-pulau-sempu-and-sunrise-bromo-archive
Bromo ??.. gw mengenal tempat ini hanya dari FTV dan Film “Tendangan Dari Langit”.. Lalu Sempu ??.. Gw mengenal sempu setelah mengenal dunia backpacker.. banyak referensi trip ke pulau yang disebut Sempu ini.. Dengan spot yang bernama Segara Anakan.. Pulau sempu menjadi Surga yang tersembunyi bagi para pemburu surga dunia.. Trip yang di posting oleh “Renaldi R Pratama” judulnya “Camp Sempu – Sunrise Bromo”.. Memang ga ada yang spesial dari trip ini dengan trip lainnya di forum www.backpackerindonesia.com  Namun buat gw ada sesuatu penghargaan untuk diri gw sendiri ketika gw dipercaya sebagai Koordinator Lapangan Regional Jabodetabek untuk trip ini.. Hmm.. Pengalaman pertama yang mengharuskan gw bekerja profesional dengan berbagai macam tekanan didalamnya.. Gw sendiri belum mengenal semua peserta yang mengikuti trip ini dan gw juga belum pernah melakukan trip ke Pulau Sempu dan Gunung Bromo.. Hmm, seperti ada yang salah dari Renaldi memilih gw sebagai Korlap Jabodetabek..
Awal cerita seperti ini.. Setelah gw balik dari trip Baduy, gw mencari trip lain yang gw impikan.. Kali ini gw mau trip ke Bromo.. Kenapa harus ke Bromo ??.. Alasan gw simple sebenernya karena alasan ini merupakan mimpi gw yang sudah lama terkubur bersama padatnya jadwal kuliah dan kerja dari tahun 2007.. Alasannya adalah “Gw mau melihat sebuah puncak tertinggi pulau Jawa dari Bromo”.. Sebuah puncak abadi para Dewa dengan segala keindahan yang dimilikinya.. “MAHAMERU”.. Lalu kenapa ga trip ke Mahamerunya sajah ??.. Mahameru merupakan sebuah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan gw sendiri belum mempunyai dasar tentang mendaki gunung apalagi gunung yang gw impikan itu adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa.. cukup bisa dimengerti tentang alasan gw ??.. Yah, karena gw masih harus belajar tentang menjadi seorang pendaki gunung dengan semua survival techniques yang dimiliki sebelum gw melakukan hal konyol ke Mahameru tanpa pengetahuan dan pengalaman.. Gw berusaha tidak menjadi orang yang hanya mengandalkan tekad sajah tapi berusaha menjadi orang yang cerdas akan tekadnya.. Saat itu buat gw, Bromo dapat mewakili kerinduan akan Mahameru.. Trip Renaldi ini juga memberikan range 1 bulan dari pertama trip ini di posting untuk gw mempersiapkan semuanya mulai dari jadwal kerja sampai mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa.. Dan kebetulannya adalah ketika gw merupakan orang pertama yang mengomentari trip ini.. Dari situ mulai banyak komentar member lainnya.. Dan gw bersama Renaldi lebih banyak ngobrol tentang trip ini setelah perkenalan di awal postingan komentar gw pada tripnya yang ternyata baru gw ketahui bahwa Itinerary dan Budgetnya sama sekali belum ada.. Wassalam.. *sigh*.. Namun entah apa yang ada dalam pikiran gw untuk bersedia membantunya membuat itin dan budget trip ini.. *Nyari masalah aja si ham.. Mungkin saat itu gw berpikir kesempatan ini merupakan tempat gw belajar membuat itin dan budget.. *Okech alasannya bisa diterima..
Obrolan gw bersama Renaldi terus berlanjut via blackberry messanger (bbm) sampai gw mengenal Mas Supriyanto dari Regional Jakarta.. Kenapa gw bisa mengenal Mas. Pri ??.. Itu karena Renaldi yang memberikan nomor handphone gw ke Mas. Pri pada saat gw Diklat Anjab – ABK di Lembang.. Saat gw di Lembang itu jugalah Renaldi memberikan gw kepercayaan menjadi Korlap Jabodetabek dengan syarat gw minta backingan 1 orang regional Jabodetabek untuk membantu semua keperluan dan urusan Regional Jabodetabek.. Deal!!.. Hadeh Renaldi menyetujuinya.. Mampus dah gw!!.. Yah, karena gw pendatang baru di dunia ini dan bersamaan bulan Juni adalah bulan yang sangat menyibukan di kantor sampai gw harus melakukan 3x perjalanan dinas luar daerah dalam 1 bulan, maka gw butuh backingan orang lain untuk menghandle kepengurusan trip Regional Jabodetabek.. Kenapa gw gitu ??.. Itu yang sampai sekarang belom diketahui.. Haha.. Jadi kalo menurut gw itu, karena sifat hiperaktif gw terhadap trip dan karena gw tinggal di Bekasi maka Renaldi yang tinggal di Bandung mempercayakan gw mengurus keperluan Regional Jabodetabek.. Mantafbh!!..
Dari situlah gw mengenal Christine Salim, seorang cewek yang tinggal di Bogor namun kerja di Bekasi dan berjiwa laki-laki yang dapat membantu gw disetiap proses kepengurusan Regional Jabodetabek.. Selanjutnya, Gw, Chris dan Renaldi lebih sering melakukan chat room ber-3 untuk membahas trip ini.. Kami belum pernah bertemu sama sekali, tetapi sudah banyak cerita tentang kami setiap melakukan chat ber-3.. Dari mulai debat jelas sampai debat sangat tidak jelas.. dari chat bodoh sampai blo’on dan berakhir bego semuanya.. idiot complete!!.. Beberapa hari kemudian tepatnya hari sabtu/minggu, Regional Bandung melakukan Kopdar pertamanya untuk melakukan reservasi tiket Kereta Api Malabar dan gw di invite Renaldi ke dalam group bbm trip ini.. Group yang bernama “Camp Sempu dan Bromo” ini adminnya Renaldi dan gw sendiri awalnya merasa kaku karena belum mengenal mereka yang dasar semuanya dari Regional Bandung, tapi cuek aje gw kenalan dan merasa diri gw lebih pasif berkomunikasi ketika mereka ngobrol di group tapi gw tidak mengerti dengan obrolan mereka.. Haha.. Apes!!..
16 Juni 2012, Kota Tua - Jakarta
Atas : Rizki, Pena, Mas.Pri, Adrial, Greace, Chris, Mba.Diah dan Sani
Bawah : Eki dan Ilham 
Aisha pulang duluan sebelum sesi pemotretan.. Haha..

Tempat gw diusir karena makan Somay.. Haha.. *sigh
 Terus kapan Kopdar Regional Jakarta ??.. Hal ini masih sangat tidak jelas kapan gw akan mengadakan kopdar pertama karena gw sendiri masih sibuk dengan urusan kantor.. Akhirnya gw menentukan tanggal 16 Juni 2012 di Kota Tua – Jakarta sebagai Kopdar Regional Jabodetabek, mengingat banyak yang harus dipersiapkan khususnya tiket Kereta Api Matarmaja.. List peserta Jakarta pada saat itu sekitar 18 orang dan gw sendiri bingung kopdar di Kota Tua itu dimananya ??.. Haha.. Ini baru nekat.. Bodo ah.. Kopdar pertama Regional Jabodetabek berjalan lancar di depan Alfamart Kota Tua walaupun Chris disana serasa Ibu tiri yang ngomel karena gw telat hampir 1 jam.. Haha.. Dan itulah kesan pertama yang gw berikan untuk Chris di hari pertama gw ketemu dia.. Romantis kan.. Haha.. Kopdar kami dihadiri sekitar 11 orang dari Regional Jabodetabek – Karawang.. Mereka adalah Gw, Chris, Eki, Adrial, Sani, Greace, Aisha, Mas.Pri, Mba.Diah, Rizki dan Pena dan yang absen sekitar 6-7 orang.. gw lupa.. Intinya formasi Regional Jabodetabek – Karawang ini akan terus berubah sampai hari keberangkatan nanti.. Kebersamaan kopdar yang kami alami memberikan pengalaman baru untuk kami semua, bertukar pikiran dan saling mengenal satu sama lainnya.. Ingat saat gw harus di usir tukang Mie Ayam karena makan Somay ditempat dagangannya sampai melihat pengamen yang berwajah dan berpenampilan sama hingga bosen..

Alfamart, Kopdar Kota Tua - Jakarta
Kopdar Kota Tua tidak menghasilkan tiket KA Matarmaja karena menurut informasi yang kami terima dari kantor informasi PT.KAI di Stasiun Jakarta Kota bahwa “Pemesanan tiket ekonomi KA Matarmaja hanya bisa dipesan pada H-7”.. Mampus dah!!.. Artinya gw harus melakukan reservasi tiket pada tanggal 28 Juni 2012.. Sebuah tanggungjawab yang sangat berat ketika gw tidak mengenal sama sekali cara membeli tiket Kereta Api.. Jadi, kesimpulan Kopdar Kota Tua selain informasi PT.KAI itu adalah Logistik, Fotocopy KTP masing-masing peserta untuk reservasi tiket, Uang reservasi tiket yang gw koordinir dibantu Chris sebesar 110 ribu/orang, dan Peralatan perlengkapan peserta.. Setelah Kopdar Kota Tua itu, gw membuat group bbm sendiri khusus buat Regional Jabodetabek – Karawang, nama Groupnya “Backpacker *id*” tujuannya untuk mempermudah obrolan Regional Jabodetabek dalam melakukan persiapan perjalanan khususnya tiket Kereta Api Ekonomi Matarmaja..
Setiap detik yang gw jalani akan menghabiskan waktu gw berpikir tentang tiket KA Matarmaja, menerima email KTP dan Transfer uang tiket dari peserta yang tidak mengikuti Kopdar Kota Tua sampai menerima banyak masukan serta pertanyaan dari peserta Regional Jabodetabek – Karawang tentang persiapan kami.. Tercatat ada 18 orang dari Regional Jabodetabek – Karawang mengikuti trip ini yang artinya gw membutuhkan 18 tiket KA Matarmaja.. *sigh*.. Bagaimana gw bisa mendapatkannya ??.. Gw ingat Rizki adalah seorang Lawyer yang mau coba bicara kepada cliennya  seorang pegawai PT.KAI untuk membantu mencarikan tiket Matarmaja yang kami butuhkan.. Tetapi gagal karena menurut Rizki, cliennya tidak bisa membantunya.. Lalu Mba. Diah juga mencoba memberikan nomor rekannya yang kemungkinan bisa membantu.. Tapi gagal juga karena susah dihubungi.. Terus siapa lagi ??.. Eki ?? Niatnya baik untuk membantu kami dengan meminta tolong kepada rekan ibunya yang merupakan pensiunan PT.KAI.. Tapi buat gw itu terlalu jauh.. Maaf ki.. Gw bingung dan hampir mau gila walaupun saran Eki tetap gw tampung.. Bagaimana gw bisa mendapatkan tiket 1 gerbong KA Matarmaja sekaligus.. Gw ingat kawan SMA gw bernama Rizki Ramadhan yang menjadi admin group facebook “Matarmaja Lovers”.. Dan saat itu juga gw ingat sahabat SD gw bernama Luqman Supriyanto yang merupakan member dari Komunitas Edan Sepur (Sebuah Komunitas Pecinta Kereta Api).. Diantara mereka berdua, gw lebih dekat dengan Luqman karena dia memang sahabat SD gw yang keluarganya sudah mengenal keluarga gw begitu juga sebaliknya, jadi gw mempercayakan tiket sama dia.. Mulai saat itu gw terus intens berhubungan sama Luqman mengenai tiket KA Matarmaja yang gw share di group Regional Jabodetabek – Karawang.. Lelah, Stres dan hampir GILA otak gw karena masalah tiket yang tak kunjung usai.. Luqman menjanjikan, tiket Matarmaja bisa gw dapatkan tanggal 28 Juni untuk keberangkatan dan tanggal 01 Juli untuk tiket pulang.. Hadeh!! Sedikit tenang tapi masih banyak tidak tenangnya karena tiket belum ada wujudnya.. Sesuatu hal masih bisa terjadi.. Apapun itu!!..
Benar sekali!!.. Beberapa peserta mengundurkan diri seperti Greace dan Sani.. Banyak change name juga di peserta Regional Jabodetabek sampai akhirnya menjadi 16 peserta yang FIX.. Waduh gw tambah bingung dengan tiket yang sudah dipesan 18 seat.. Gw berusaha tidak memberitahu sahabat gw tentang cancel tiket ini, buat gw ini adalah resiko yang harus gw tanggung karena gw sebagai Korlap Jabodetabek – Karawang, dan gw ga mau mengganggu konsentrasi sahabat gw mencari tiket KA Matarmaja.. Memang cukup sulit peraturan PT.KAI saat itu yang mengharuskan tiket KA Ekonomi bisa di reservasi pada H-7.. Bayangkan bagaimana sahabat gw berlomba-lomba menyaingi para calo tiket KA untuk mendapatkan pesenan 18 tiket gw.. Dan tepat pada tanggal 28 Juni 2012, sahabat gw memberitahu gw untuk ke Stasiun Bekasi pukul 20.00 WIB.. Gw bertemu dia dan seorang kawannya bernama Helmi yang ternyata ketua Edan Sepur Indonesia.. Gw kenalan sama Mas. Helmi dan bicara banyak tentang tiket KA Matarmaja dan ternyata Mas. Helmi lah yang melakukan Reservasi tiket Matarmaja di daerah Purwakarta untuk peserta trip Regional Jabodetabek – Karawang yang kebetulan juga Komunitas Edan Sepur ingin menghadiri kopdar di Malang, jadi reservasi tiket yang gw pesan dibarengi dengan reservasi tiket mereka juga.. Terima kasih banyak sebanyaknya Mas.Helmi..
Kekacauan tidak hanya sampai disitu, pada saat pertemuan di stasiun Bekasi, Mas. Helmi bilang kalo tiket KA Matarmaja hanya ada 16 tiket.. Alhamdulillah sesuai jumlah peserta yang FIX dan gw harus mengembalikan duit mereka yang cancel.. Gampanglah tinggal transfer.. Lalu dimana kekacauannya ??.. Nama kami saling tertukar dengan nama Komunitas Edan Sepur yang memesan tiket KA Brantas.. Yah, karena tiket KA Matarmaja habis setelah reservasi 16 tiket, Mas.Helmi langsung mereservasi tiket KA Brantas tujuan Stasiun Tanah Abang – Kediri.. Modar!! Terus bagaimana ??.. Mas. Helmi berusaha meyakinkan gw bahwa 16 tiket KA Matarmaja untuk peserta Regional Jabodetabek – Karawang.. Lalu nama tiketnya bagaimana ??.. Proses nanti ke Peron di Stasiun Pasar Senen dijamin lancar oleh Mas.Helmi dengan surat resmi komunitas Edan Sepur yang mereka ajukan pada hari keberangkatan nanti.. Jadi, Edan Sepur akan menggunakan KA Ekonomi Brantas dari Stasiun Tanah Abang menuju Kediri pada pukul 16.00 WIB dan mereka janji akan mengantarkan kami semua ke atas KA Ekonomi Matarmaja di Stasiun Pasar Senen pada pukul 13.00 WIB sebelum Edan Sepur ke Stasiun Tanah Abang di hari keberangkatan nanti.. Hmm.. sedikit lebih tenang, namun tetap tidak bisa tenang karena tiket KA Ekonomi Matarmaja untuk pulangnya belum diperlihatkan oleh Mas.Helmi.. Hadeh apa yang terjadi jika tiket KA Matarmaja untuk pulangnya tidak didapatkan.. Pasrah!!.. Sumpah gw pasrah karena sudah kelewat tidak tenang.. Haha.. Tanggal 01 Juli 2012 pukul 20.00 WIB, kami bertemu lagi di Stasiun Bekasi dan Mas.Helmi memperlihatkan tiket KA Matarmaja yang didapatkannya.. Alhamdulillah.. Kata Mas.Helmi untuk pulangnya peserta Regional Jabodetabek – Karawang dan Komunitas Edan Sepur dapat 1 gerbong KA Ekonomi Matarmaja.. WAW Alhamdulillah.. *Fiuh.. Kini gw jauh lebih tenang lagi mendengar dan melihat tiket KA Matarmaja tersebut.. Tinggal keraguan gw masuk ke peron Stasiun Pasar Senen yang harus disesuaikan dengan KTP masing-masing peserta itulah masih jadi tanda tanya besar alias gantung walaupun sudah dijamin Mas.Helmi..
Tiket KA Ekonomi Matarmaja


To be Continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar