Rabu, 12 September 2012

Jejak Papandayan 2012

Papandayan, 31 Agustus - 02 September 2012 - Garut

Cerita perjalanan kali ini ke papandayan, Garut.. Hal sampai sekarang yang saya ingat itu ketika saya harus selalu berpikir positif pada malam hari di Pondok Saladah.. Entah apa yang saya pikirkan selalu mengarah kepada cerita teman-teman sebelumnya bahwa kebanyakan pendaki gunung itu meninggal karena beku atau kedinginan.. Hadeh!! karena mengalami sedikit hypothermia pikiran itu selalu menghantui saya ketika suhu di pondok saladah berubah menjadi -1 derajat pada saat sunset sampai sunrise.. okech itu sekilas tentang pondok saladah, cerita sebelum dan selanjutnya seperti ini :

1. Cerita Awal Perjalanan
Entah sebenarnya saya lupa kenapa ada trip ke Papandayan ini, awal mulanya sangat malas untuk ikut ke Papandayan.. hmm.. Oia kalo tidak salah pertama kali saya tahu ada trip ini ketika Buka Puasa bersama bareng anak-anak backpackERE di Mie Aceh Benhil lanjut karokean di Semanggi berakhir di angkringan blok M lalu sahur dirumah masing-masing.. anak-anak backpackERE alias KAMSEUPAY itu menurut saya hanya terdiri dari 8 orang yaitu Maul, Iis, Fuady, Rahma, Ilham (saya sendiri a.k.a Afgan.. haha..), Tri, Ai dan Ial.. Basic pertemuan dan perkenalan kita sebelumnya pada saat Trip Baduy yang diselenggarakan Mang Ucup.. biar bagaimanapun ucup berjasa besar terhadap perkenalan kita.. haha.. walaupun kesininya beda cerita tentangnya.. dan saya tidak mau membahasnya.. haha.. Oia Ai ga bisa ikut ke Papandayan.. entah alasannya apa..
Semanggi Foodcourt
Lanjut ke cerita awal Papandayan.. yah, saat kita semua makan diangkringan blok M sekitar pukul 00.00 WIB tanpa Maul karena sang icon sedang menunaikan tanggungjawabnya di Rumah Sakit, kita membahas tentang trip ke papandayan.. Kebetulan Rahma pernah kesana dan memberanikan diri menjadi korlap (koordinator lapangan) diantara kita ber-7.. sebenernya saya baru tau tentang trip ini dan agak males untuk ikut soalnya September udah ada 2 trip lainnya cooooyyyyy!!..
Obrolan tentang papandayan mulai intens sampai setelah lebaran, Rahma mengadakan meeting di semanggi untuk membahas itin, budget dan peralatan serta perlengkapan dan lain-lain dari yang jelas sampai yang tidak jelas pun dibahas dalam meeting itu.. haha namanya juga kamseupay!!..
Setelah ditentukan meeting point di rumah Nunung alias Tri, kami pun mulai menyiapkan segala sesuatunya dari persiapan pribadi sampai pembagian peralatan..

2. Cerita Perjalanan
Jum'at tanggal 31 Agustus 2012 di senja hari, saya mulai bergerak kerumah Tri.. ga tau rumah tri dimana akhirnya janjian di tempat yang saya ketahui, RS. Harapan Bunda.. cukup lama yah saya nunggu si nunung sampai akhirnya dia tiba bersama Fuad.. 3 orang sudah berkumpul dirumah Tri artinya kami harus menunggu Iis, Maul, Rahma, Fuad dan Fajar.. Fajar itu anak backpacker juga karena dia mau ikut ke papandayan akhirnya dia join sama trip kamseupay..Satu persatu datang dari mulai Iis, Fajar, Rahma dan Ial.. Terakhir si Maul..
Rumah Nunung

Perjalanan kami mulai sekitar pukul 09.30 WIB dari rumah si nunung tujuan ke terminal kp.rambutan.. sampai di terminal dengan angkot.. kami bertemu sama beberapa temen-temen backpacker yang mau trip juga.. kayaknya sih ke Papandayan juga.. Dan sang korlap Rahma mulai mencari Bis arah ke Garut.. disana juga terjadi perdebatan antara si Nyai Iis dengan calo-calo atau kenek-kenek bis disana.. haha.. pergaulan terminal biasalah..
Kami pun mulai menaiki Bis arah Garut dengan biaya sekitar Rp 35.000 (kalo ga salah).. lumayanlah bisnya AC.. haha.. sempet ngetem lama banget tuh bis.. tapi ga kerasalah wong anak-anak KAMSEUPAY berisik semua.. sampai ada yang dipelototin penumpang lain gara-gara bercanda.. HAHA..
Bis pun mulai melintasi berbagai macam kabupaten dan kota dan kami singgah di terminal Guntur Garut pukul 03.00 WIB kalo ga salah mah.. santai sejenak.. udara yang dingin dan banyak temen backpacker yang lain pun mulai berdatangan..
Terminal Guntur

Menghabiskan waktu berjam-jam di terminal guntur.. ketemu sama beberapa sahabat BADUY dan JOY BROMO di terminal guntur.. mereka ikut trip BPI yang 60 orang ke Papandayan juga.. Reuni sambil ngetrip dah rasanya.. haha..
lama kami membunuh waktu sambil bersantai di terminal guntur.. dan pukul 06.00 WIB pick up Mang Ato yang kami sewa untuk antar jemput sudah tiba.. asek asek.. (Sewa pick up PP sekitar Rp 300 ribu-400 ribuan)..
Kami lanjutkan perjalanan dengan pickup Mang Ato.. sumpah ya selama perjalanan tuh GARUT is Beautiful dah dengan pemandangan Gunung Cikuray.. mana DINGIN banget cooooyy.. bodo ah norak norak dah gw.. haha..
Sampai di Kecamatan Cisurupan.. jalanan mulai offroad.. haha.. modar dah pinggang para kamseupay.. itu bisa terlihat dari kegelisahan posisi duduk mereka.. haha termasuk gw.. huff.. mana nanjak jalannya.. sensasinya offroadnya kerenlah!!.. haha.. 30 menit lah kurang lebih kami merasakan itu sampai tiba di kawasan Gunung Papandayan.. sekitar 1 jam perjalanan yang kami lalui dari terminal guntur sampai ke Papandayan.. Hawa dingin masih terasa.. kami pun istirahat dan mengurus perizinan pendakian.. santai sejenak.. ngopi.. sarapan.. dan lain-lainlah.. yang jelas dari awal perjalanan sampai saat ini masih sering ketawa semua.. haha..
Baru sampe kawasan Papandayan (Pos 1)

Jam 8 pas kami mulai nanjak Papandayan.. ampun dah batu-batuan semua.. terlihat gersang padahal udaranya dingin.. setengah jam pendakian kami bertemu orang yang baru turun dan katanya "kalo mau lihat danau lewat jalur yang ini".. nah loh danau apaan nih ??.. semacam kawah kah ??.. mari kita kesana temans..
setapak demi setapak.. mencari jalan ke danau itu.. sekitar 2-3 jam baru ketemu tuh danau.. WAW keren coy.. namanya KAWAH MANUK bekas letusan tahun 2002..
Kawah Manuk
Sampai di kawah manuk.. biasalah kita eksplore dengan kamera.. haha.. KAMSEUPAY!!..
setelah puas eksplore.. kami lanjutkan pendakian ke Pondok Saladah.. lagi lagi mencari jalan setapak demi setapak.. melihat kanan kiri belerang.. kanan-kiri batu-batuan sampai akhirnya kami istirahat di ujung pendakian yang isinya belerang dan batu-batuan tapi tetep terlihat Eksotismenya.. Cakep dah!!..
Foto Diatas Awan
 Setelah istirahat entah dimana karena gw ga tau nama tempat istirahatnya.. pokoknya dibawah pohon pendek dah.. kami lanjutkan pendakian.. tapi kali ini pendakian hutan.. menerobos hutan dan tumbuhan-tumbuhan dengan jalan setapak yang sudah dibuat sebelumnya.. melewati sungai yang jernih.. menyeberangi bukit.. melewati debu dan sampailah di Pondok Saladah.. haha.. sorry cerita gw pendekin tanpa mengurangi yang lain.. soalnya cerita yang lain itu cerita ketidakjelasan kelakuan para KAMPSEUPAY selama pendakian maupun dalam perjalanan.. HAHA..

Sampai Pondok Salada

Sesampainya di Pondok Salada.. tenda kami sudah berdiri.. 2 tenda kuning yang akan menjadi saksi embun menjadi es dipagi hari nanti.. SADIS!!.. begini cerita selanjutnya tentang Pondok Salada.. Haha menegangkan cuy!!.. *Padahal biasa aja.. haha..
Sampai di Pondok Salada sekitar pukul 13.00 WIB jadi itu artinya kita trekking dari Jam 8 sampai jam 1 siang.. hitunglah sendiri berapa jam.. haha.. namun jalurnya ga seseram waktu gw ke Baduy.. Baduy itu menyebrangi 5 bukit yang kalo nanjak tuh kaki sejajar sama pinggang untung ga sejajar kepala.. menurut gw jangan pada protes ah.. haha..
waktunya masak-masak.. sebenernya gw udah laper.. sumpah dah.. tapi harus menunggu masakan mateng semua.. dan matengnya itu sore.. udah gitu makannya malem abis pada magriban.. seharian ga makan itu rasanya WAW banget.. makanya gw ngambil makanan ga kira-kira.. Astaghfirullah saya khilaf.. maap maap..
tugas gw pada sesi masak sebenernya cuma ngerepotin.. haha.. ga bisa masak yah.. makanya gw disuruh nyuci piring.. sial.. nyuci piring disana tuh pegel dah.. kudu sabar.. air yang mengalir itu dikit banget.. tapi Alhamdulillah masih ada air.. mana pas nyuci harus jongkok.. hadeh.. oia gw juga nyuci sayuran.. udah gitu dimandorin sama korlapnya.. sial..
Sore itu ketika yang lain pada sibuk masak dan dengan urusan pribadinya.. gw sama Ial nyari kayu bakar.. waw waw waw motekin dahan kering di Pondok Salada.. dikumpulin dikit-dikit.. trus dibawa ke deket tenda.. trus balik lagi nyari trus motekin lagi.. kumpulin lagi dan dibawa lagi ke deket tenda.. niat awal mo buat penghangat di malam hari.. alhasil ga dipake sama sekali karena gagal nyala apinya.. :( perjuangan sia sia..
Senja.. Senja disana tersa banget dinginnya.. mulai terasa menusuk lapisan kulit.. menjelang magrib gw siap-siap memakai semua perlengkapan.. 2 kaos + 2 jaket + 3 celana (kolor+pendek+panjang) + 2 kaos kaki bola + 2 penutup kepala (kupluk+tudung jaket) + sarung tangan + Shall.. Eh ternyata anak-anak pada magriban dulu.. hadeh mana udah lengkap lagi.. -_-"..
akhirnya semua perlengkapan gw copot lagi.. :'( dan itu rasanya DINGIN BANGET!!.. lebih dingin dari senja.. selesai shalat gw ulangi lagi memakai semua perlengkapan.. dan ternyata resleting celana panjang gw ga bisa ditutup.. -_-" sial!!.. soalnya celana panjang gw ukurannya pas.. kalo pake celana double jadinya ga muat.. tapi mau diapain.. disana DINGIN coy.. gw harus tetep pake tuh celana dan gw iket pake tali pinggang.. *FIUH..
Sumpah malem itu gw ga bisa ngapa-ngapain.. mo ketawa aja ribet coy.. mungkin hypothermia.. ya kali.. haha.. akhirnya saat anak-anak pada bercanda.. gw masuk ke tenda.. ga tahan dinginnya.. tapi tetep ga bisa tidur.. sering liat jam tangan.. eh baru 10 menitan.. Ya Allah pikiran gw udah macem-macem dah.. mana inget cerita temen yang pernah bilang kalo kebanyakan para pendaki mati itu karena kedinginan atau beku.. MAMPUS DAH!!.. seperti berhadapan dengan kematian.. banyakin Istighfar..
Tidur pun ga pules selain dingin.. si Maul grusak grusuk grusak grusuk aja dari tadi.. Tenda yang seharusnya isi 4 orang jadi 3 orang doank.. haha.. akibat Maul sama Fajar tidurnya menyimpang dari jalurnya.. sampe Ial tidur diluar tenda.. haha.. untung gw masuk duluan dan itupun gw tersudut oleh badannya maul.. sial!!..
Jam 11 gw terbangun entah apalagi yang mau gw cari buat nutupin kedinginan telapak kaki dan telapak tangan.. sarung+sleepingbag sudah dipake.. tetep aja dingin.. berusaha memejamkan mata dengan pikiran yang entah berantah.. terbangun lagi gw jam 2 malem.. mendengar suara anjing hutan yang sepertinya deket.. jam 2 malem itu gw bangun karena mau pipis.. ah terpaksa gw keluar dan pipis dibelakang tenda agak jauhan dikit dengan ditemani suara anjing hutan.. so sweet..
Style gw malam hari..

Selesai pipis.. gw ga bisa tidur lagi.. akhirnya gw duduk didepan tenda dan menghisap beberapa puntung rokok.. sambil melihat-lihat tenda orang lain.. dan ternyata masih banyak suara disana.. kayaknya mereka juga mengalami hal yang sama seperti gw.. haha..
Lama didepan tenda sambil merokok.. gw bingung mo ngapain lagi.. waktu masih pukul 03.00 WIB kalo ga salah.. akhirnya gw melanjutkan tidur kembali di dalam tenda.. tidur sejenak si Maul bertingkah lagi.. dia mau pipis tapi setelah pipis.. dari luar tenda manggil nama gw kayak mau ngajak pacaran..
"ham.. hamm.. hamm.. sini deh.."
apaan tau si Maul.. karena gw tau niat busuknya gw jawab aja
"apaan sih ul.. gw lagi tidur.."
tetep dia menjawab
"itu lu jawab.. berarti ga tidur.."
HISS.. NGESELIN..
"Ogah ah ul.."
lalu suaranya tiba-tiba hilang dan grusak grusuk disebelah gw ternyata Maul masuk ke tenda lagi setelah pipis.. dia di tenda malah ngelawak.. dan membuat gw ngakak ga bisa tidur.. ngomongin kucing kawin lah.. kambing kawin lah.. haha.. GILA!!..
hari mulai pagi sekitar pukul 06.00 WIB.. dan gw merasa udah rame diluar tenda.. gw buka shall yang menutup mata gw.. dan ALHAMDULILLAH terang.. gw keluar tenda dan nyari sinar matahari.. terasa sekali bahwa matahari itu sangat dibutuhkan.. walaupun sinarnya doank.. dan ternyata udah ada Nunung, Ial dan Fajar di pohon-pohon edelweis yang jaraknya agak jauh dari tenda.. gw mulai berjemur disana.. huff perjuangan malam yang panjang di suhu -1 DERAJAT CELCIUS..  MATEE!!..
yah.. Papandayan sedang musim kemarau dan musim kemarau itu suhu jauh lebih rendah dimalam hari dibandingkan pada saat musim hujan.. kata temen temen pendaki..
Edelweis dan rumput ilalang yang ada di Pondok Saladah terdapat butiran es yang terbentuk dari embun.. sama juga yang terjadi di tenda-tenda para pendaki.. banyak es dipagi hari..
Embun yang membeku..
Abis ngejar Sinar Matahari

Pagi itu.. gw sibuk mencari sinar matahari untuk menghangatkan tubuh bersama Nunung, Ial, Fajar dan Maul menyusul.. Fuad, Iis dan Rahma masih tidur sepertinya di tenda.. Sampai akhirnya pukul 07.00 WIB anak-anak mulai pada masak kembali dan gw disuruh nyuci piring sebelum pada masak.. huff.. yaudahlah gapapa sekalian bersih-bersih di pancuran irit..
Abis nyuci piring
 Fajar nemenin gw nyuci pirin.. baru sebentar nyuci piring.. Fajar komentar mulu katanya cucian gw ga bersih.. trus dia ambil alih dah.. haha.. gantian dah gw yang nungguin.. sambil foto-foto lumayan pemandangannya bagus.. haha..
Selesai nyuci piring.. kami kembali ke tenda.. dan ternyata mereka semua sudah pada packing.. fiuh.. tinggal gw dan Fajar yang belum packing.. so mari kita packing.. sambil menunggu masakan.. haha..
Makanan selesai.. packing selesai.. dan semuanya mulai berbenah.. beres-beres jangan sampe ada sampah yang tertinggal.. INGAT ITU!!..
Salah satu menu masakan pagi tanpa nasi..
 setelah semua sudah rapih.. mari kita makan tanpa nasi.. haha.. tapi cukup kenyanglah makan pagi ini sebelum trekking turun..
Setelah semuanya rapih dan kami pun siap siap turun.. tentunya diabadikan dulu lah.. haha..
Abadikan gaya sebelum turun..

Sampai jumpa kembali PONDOK SALADA.. aku akan kembali lagi karena aku belum sempat ke Tegal Alun dan ke Puncaknya.. haha.. mungkin sibuk nyari kawah manuk berangkatnya.. trekking turun kami sama dengan trekking nanjak.. tapi tidak melewati kawah manuk kembali.. sekitar pukul 10.30 WIB kami turun dan sampai di Pos pertama penanjakan pukul 12.00 WIB kalo ga salah..
Pos 1.. Santai setelah trekking turun..
3. Cerita Akhir Perjalanan
Setelah sampai kami istirahat dan menunggu pickup Mang Ato.. lamaaaa dan akhirnya gw ngopi dulu sama Iis, Nunung dan Maul di warung.. Ngobrol entah berantah.. ketawa-tawa.. dan setelah mobil pickup Mang Ato dateng sekitar pukul 02.30 WI.. Kami segera menaikinya dan berharap samapai terminal guntur.. tapi perut kami berkata lain akhirnya kami makan dulu ditengah perjalanan.. haha..
Makan Pece Ayam saat Balik ke Terminal Guntur

Selesai makan.. kami lanjutkan perjalanan ke terminal guntur.. dimobil gw ngobrol sama Mang Ato banyak hal tentang Papandayan sampe tentang Dicky Chandra.. haha.. Tibalah kami di terminal dan mengucapkan terima kasih kepada Mang Ato..
Karena gw mules.. dan teman-teman juga ada yang mules serta pada mau bersih-bersih di toilet terminal.. akhirnya kami istirahat dulu di terminal sambil bersih-bersih bergantian..
Ada sedikit cerita lucu ketika gw berada dikamar mandi.. waktu gw sedang melepas semua sampah yang telah masuk kedalam tubuh alias boker.. haha.. ada yang panggil nama gw dari depan kamar mandi..
"ham.. ham.. ham.. ham di pintu toilet mana ?"
nah loh.. gw mau jawab tapi takut bukan gw yang dipanggil.. trus pelan-pelan gw jawab..
"iya.. kenapa ya?.."
Ternyata itu suara Fajar..
"Ham.. ini Fajar.. dipintu ini lu ya" terdengar ada didepan pintu toilet gw suaranya..
" Iya jar.. ngapa ?.."
"Nih.. kolor lu jatoh didepan"
WADUH!!.. KOLOR GW?!!.. *dalem hati
"hahahahahaha.. kok bisa jar ??.."
"Ini kolor lu ham.. buka pintunya"
"iya iya.. hahahahaha.." gw buka pintunya sedikit dan gw ambil kolor gw..
"hahahahahahah.. thanks jar.. haahahahahaha.."
Sumpah gw MALU!!..
dan ternyata tuh kolor jatoh pada saat gw ngambil handuk buru-buru dari tas karena udah kebelet boker.. hahahahahahaha.. MEMALUKAN!!.. *menurut cerita yang lain kolor gw gelinding.. hahahahahaha..

Selanjutnya setelah cerita kolor itu.. hahahahahaha "Tragedy Sempak 2012".. kami semua mulai cari bis.. dan ternyata bisnya pun belum ada.. menunggu kembali hingga menjelang magrib di terminal guntur sampai akhirnya datenglah Primajasa jurusan Garut-Ps.Rebo.. lupa gw.. haha.. dan penumpangnya RUAME tenan!!.. hadeh dioambang ambing selama 6 jam.. akhirnya sampai juga di Ps.Rebo alias rumah Nunung sekitar pukul 00.30 WIB.. Istirahat sejenak dirumah Nunung sambil bercanda dan mengenang memori yang aneh aneh selama perjalanan.. haha.. dan tiba kami harus pulang ke dunia masing-masing..
Fajar dengan Iis.. Adrial dengan Rahma.. dan Gw, Fuad serta Maul naik motornya searah.. kami pisah di kali  malang dengan Maul dan pisah dengan Fuad di Galaxy..

Dan Akhirnya sampailah RUMAH!!..

Cerita Papandayan ini membuat kami lebih dekat satu sama lain setelah Trip Baduy di bulan Juni..

Maul, Ilham, Fuady, Iis, Ial, Fajar, Tri, Rahma dan Mang Ato dibelakangnya Gn. Cikuray

BackpackERE from Kamseupay..

Fajar
Ilham Sutiawan
SALAM LANGKAH!!..

Kunjungi Twitter dan Facebook gw ya..